Pelaksanaan Perusahaan Freight Forwarding

Usaha yang dilakukan perusahaan freight forwarding

Perusahaan Freight Forwarding memerlukan forwader dalam hal mengatur segalanya. Forwarder sendiri adalah seorang perantara atau bisa dikatakan sebagai agen dari pihak yang mana memang sangat memerlukan ruang untuk muatan. Dan ada pihak angkutan yang memerlukan barang muatan. Dan disinilah peran Forwarder yang mulai bertindak dengan baik untuk bisa mendapatkan keuntungan dan memenuhi kepenting dari pihak yang sudah terkait.

Peranan dari Forwarder

Disaat lain, pihak yang memiliki kepentingan biasanya akan mencari forwarder dari perusahaan Freight Forwarding dengan tujuan untuk bisa membantu mereka dalam menyelesaikan banyak masalah yang sudah ditimbulkan oleh banyak muatan atau dari kekosongan ruang muatannya. Dan biasanya jasa seorang forwarder sendiri sering dibutihkan oleh mereka yang memiliki barang namun tidak punya jasa pengangkutan. Karena sebenarnya ada beberapa masalah yang sering dihadapai oleh pihak pengangkut sebelum mereka akhirnya memilih perusahaan Freight Forwarding adalah bagaimana cara mereka menjaga keefisienan waktu yang mana bisa mengisi ruang muatan dengan cargo. Dan selain itu, bagaimana mereka bisa memastikan barang yang diangkut berada dikapal selalu bisa aman dan utuh selama proses untuk angkut hingga samapai ketempat tujuan.

Dalam Freight Forwarding semuanya sudah ditulis dengan sangat jelas dengan nama lain yaitu BL untuk menggunakan angkutan laut, AWB untuk angkutan udara. Dengan dua jenis dokumen yang digunakan untuk mengangkut muatan sebenarnya sudah dibuat beberapa persyaratan dan penjelasan yang sifatnya mengikat antara kedua belah pihak.

Alur kegiatan Freight Forwarding

Sebenarnya ada beberapa tahapan bagi seorang Freight Forwarder dalam proses mengelolah jasanya. Dan secara singkat ada beberapa tahapan dalam proses kegiatan operasional ini diantaranya adalah :

  • Forwader harus melakukan proses pencarian calon pengguna jasanya, dan jika sangat memungkinkan maka anda bisa jadikan sebagai pelanggan tetap. Cara yang bisa anda lakukan adalah dengan melalui jasa pos, email dengan cara menjelaskan dan menawarkan mengenai jasa yang anda miliki. Lakukan prosedur yang bisa anda anggap sebagai salah satu cara yang sangat efektif
  • Anda bisa melakukan proses negoisasi atau proses runding sehingga mereka yang menjadi calon customer anda bisa setuju untuk menggunakan jasa perusahaan Freight Forwarding yang anda tawarkan
  • Dalam proses pelaksanaan diperlukan beberapa persiapan yang bisa anda gunakan sebagai cara untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk  jenis barang yang anda terima dari mereka yang menjadi pemilk barang
  • Sangat penting untuk melakukan beberapa pengecekan ulang mengenai segala hal yang memang sangat diperlukan saat sebelum anda mengirimkan barang. Ini sangat penting untuk memastikan jika datanya juga valid.
  • Setelah mengisi semua data yang sudah disediakan, maka yang perlu dikatahui juga adalah proses mengurus dokumen, memeriksa barang juga harus dilakukan kepada petugas yang menjadi pabean

Setelah selesai semua prosesnya, maka anda bisa melakukan negosiasi untuk harga atau tarif yang diberlakukan oleh perusahaan sarana pengangkut barang untuk bisa mengakut barang Freight Forwarding hingga sampai ketujuan.

Leave a Comment

preloader