Apa Saja yang Perlu Disiapkan untuk Melamar Beasiswa ke Inggris?

Kuliah dengan Beasiswa di Inggris

Mempersiapkan beasiswa ke Inggris ternyata tak hanya berpusat pada perkara dokumen. Apalagi kalau ini jadi pengalaman pertama kalian terbang sekaligus menetap di luar negeri dalam jangka waktu lama. Maka dari itu, persiapannya harus dilakukan sejak jauh-jauh hari supaya kalian siap dan tak terkejut saat sudah menginjakkan kaki di Inggris.

Lantas, apa saja yang harus kalian perhatikan sebelum melamar beasiswa ke negara tersebut?

  • Biaya

Beasiswa yang terdiri atas beberapa jenis. Ada beasiswa yang akan menganggung biaya secara full, ada juga yang hanya sebagian. Sebagian besar pelajar maupun mahasiswa tentunya menginginkan beasiswa penuh mengingat biaya hidup di Inggris sangat tinggi. Namun, beasiswa yang hanya menanggung hal-hal tertentu pun tak kalah berkualitas. Di sisi lain, baik beasiswa yang penuh atau sebagian, kalian tetap harus punya pegangan finansial kuat selama tinggal di Inggris.

  • Bahasa

Setiap universitas mempunyai ketentuan masing-masing. Misalnya, Universitas Oxford yang mengajukan skor IELTS mencapai 8 mengingat mereka sangat menekankan diskusi. Ada pula University College London yang memasang skor IELTS lebih rendah, yakni 6,5. Selain itu, skor juga ditentukan jurusan yang kalian pilih. Jurusan-jurusan teknik dan sains, misalnya, punya kualifikasi bahasa lebih rendah dibanding jurusan filsafat dan bahasa yang sangat menjunjung tinggi kebahasaan.

  • Kualifikasi akademik

Hal selanjutnya yang harus kalian siapkan kalau ingin mengajukan beasiswa ke Inggris adalah kualifikasi akademik. Kebanyakan universitas di sana biasanya meminta sertifikat A Level untuk pengajuan jenjang S1. Jika tidak ada, kalian masih bisa ikut, tetapi harus mengambil foundation. Kemudian, masa kuliah S1 di Inggris juga lebih singkat daripada Indonesia, yakni tiga tahun. Di universtias-universitas ternama seperti Cambridge dan Oxford, catatan prestasi jadi faktor yang harus kalian perhatikan secara saksama.

  • Visa pelajar

Seperti halnya untuk liburan atau bekerja, keberadaan visa juga dibutuhkan bagi kalian yang ingin melanjutkan studi di Inggris. Proses pengajuan visa pelajar memang agak lama karena tahap seleksi yang sangat ketat. Satu hal yang perlu kalian catat, jangan melamar visa pelajar kalau belum dinyatakan positif diterima di universitas yang diincar. Namun, siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan sedini mungkin sebagai bentuk antisipasi.

  • Mental

Culture shock hanyalah awal dari kehidupan kalian di Inggris. Budaya, aturan, dan gaya hidup yang akan bersinggungan dengan kalian di sana selama kuliah harus mampu dihadapi. Selagi masih di Indonesia, luangkan waktu kalian untuk mempelajari Inggris melalui buku atau program yang membahas kehidupan negara tersebut. Dengan begitu, kalian akan lebih siap menghadapi suka-duka di Inggris dan tak mudah goyah saat merindukan rumah.

Semoga informasi di atas akan makin memantapkan kalian mengajukan beasiswa ke Inggris!

Leave a Comment

preloader