Tips Pemakaian Dish Washer di Restoran

dish washer restoran

Cara mengoperasikan mesin dish washer di restoran sebenarnya sama dengan yang digunakan di rumah. Perbedaannya terletak pada tipe mesin itu yang kalau di restoran umumnya berkapasitas besar. Sekali mencuci bisa langsung banyak dan bisa dipakai secara konstan dalam durasi panjang. Konsekuensinya dari pemakaian mesin tersebut harus benar-benar melakukan perawatan yang tepat. Supaya mesin tetap awet dan dapat digunakan sesuai kebutuhan, apalagi karena pemakaian untuk di restoran bisa setiap hari dan nyaris tanpa libur. Khususnya lagi ketika hari-hari tertentu dan jumlah pelanggan yang banyak, operasional mesin ini mesti dioptimalisasi.

Mengatur Waktu Pemakaian Mesin

Tips pertama jika menggunakan mesin ini di restoran adalah mengatur waktu pemakaian. Di sini perlu ditekankan pada kedisiplinan dari operator mesin. Faktor jumlah stok piring juga menentukan apalagi yang masih terbatas. Bahkan untuk jumlah piring yang besar pun harus ada pengaturan waktu yang tepat.

Praktiknya bagaimana? Kita asumsikan sebuah restoran buka tepat pada jam 9 pagi. Sebelum restoran dibuka, pastikan bahwa semua piring sudah siap alias telah dicuci hingga bersih sebelumnya. Nah, pada saat tengah hari, seluruh stok piring yang kotor sudah dicuci. Seterusnya sampai menjelang sore, dan hingga waktu restoran mau tutup. Jadi, ketika sudah tutup, restoran itu tidak menimbun piring yang masih kotor.

Bagaimana jika restoran itu buka selama 24 jam? Sebenarnya jadwalnya masih tetap, namun harus ada penyesuaian. Karena mustahil juga selama 24 jam itu ada pelanggan yang terus menerus keluar masuk. Dan cara yang selalu tepat adalah menerapkan kedisiplinan mencuci piring, yaitu tiap kali ada yang kotor langsung dicuci.

Yang perlu dipahami adalah menyediakan stok piring yang lebih banyak untuk mengantisipasi kekosongan sementara tidak menerapkan disiplin mencuci piring bukanlah sebuah solusi. Namun bukan berarti tidak menambah stok piring kalau memang dibutuhkan. Terlebih lagi jika bisnis semakin berkembang besar dan membutuhkan perlengkapan makan yang lebih banyak.

Selalu Membersihkan Mesin

Jangan abaikan kebersihan mesin pencuci piring ini. Terutama lagi karena di restoran pada umumnya akan ada banyak menu yang bervariasi dan tidak semua pelanggan juga menghabiskan isi piringnya. Jadi, sebelum memasukkan piring ke mesin, pastikan dulu tidak ada sisa-sisa makanan yang padat.

Mesin juga harus dibersihkan dalam periode tertentu. Paling bagus adalah membersihkannya tiap hari, yakni ketika waktu sudah tutup atau tidak ada pelanggan. Disiplin dalam membersihkan mesin pencuci piring akan menjamin perangkat yang awet dan tidak bermasalah.

Pengecekan Perangkat dan Komponen

Perawatan perangkat dan komponen tidaklah rumit karena dari cara pemakaian pun akan memudahkannya. Biasakan saja ketika sudah selesai menggunakan mesin, keluarkanlah semua peralatan dari dalam mesin dan simpan semuanya di tempat masing-masing.

Leave a Comment

preloader