Cara Kuliah Gratis di Luar Negeri Melalui Beasiswa

Cara Kuliah Gratis Lewat Beasiswa

Kuliah di luar negeri merupakan cita-cita banyak orang. Lulusan luar negeri menjanjikan masa depan yang lebih baik. Bagi mereka yang pernah mencicipi rasanya berkuliah di luar negeri pastinya akan memiliki kenangan indah tersendiri. Kualitas lulusan luar negeri juga berbeda. Ini karena di sana mereka telah belajar lintas budaya dan bertemu dengan beraneka ragam orang dari latar belakang yang berbeda. Namun, tidak semua orang berkesempatan untuk berkuliah di luar negeri. Ada banyak faktor yang mempengaruhi, mulai dari nilai akademis yang kurang, kemampuan bahasa asing hingga keterbatasan biaya. Namun, bagi Anda yang bermimpi untuk berkuliah di luar negeri, Anda dapat mengikuti program beasiswa kuliah luar negeri.

Cara Untuk Mendapat Beasiswa di Luar Negeri

Untuk mendapat beasiswa ke luar negeri tentunya tidak mudah. Banyak persiapan yang harus dilakukan. Pertama – tama, Anda harus fasih berbahasa asing. Bahasa asing adalah syarat mutlak untuk kuliah di luar negeri. Setidaknya Anda juga harus memahami idiom – idiom dan istilah sulit dalam bahasa Inggris  agar lolos beasiswa ke luar negeri. Anda akan diminta untuk mengikuti serangkaian tes untuk menguji kemampuan bahasa Inggris Anda salah satunya melalui tes TOEFL.

Selain kemampuan berbahasa asing, Anda dituntut untuk memiliki kemampuan lain di luar kemampuan akademik. Para penyeleksi atau biasa disebut admission officer akan menyeleksi para calon peraih beasiswa. Admission officer akan melihat profil para pelamar beasiswa. Calon peraih beasiswa dengan prestasi di luar akademik akan berkesempatan lebih besar untuk mendapat beasiswa. Karenanya, sejak dini persiapkanlah diri Anda dengan mengikuti berbagai macam kegiatan di luar akademis atau kegiatan sosial.

Persiapkan Application Essay Dengan Sempurna

Selain nilai TOEFL dan profil, admission officer akan membaca application essay Anda. Application essay berisi statement profil Anda. Di sini Anda akan diminta untuk menceritakan tentang diri Anda. Buat application essay semenarik mungkin. Ceritakan diri Anda secara menarik sehingga Anda layak untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Namun, jangan terlalu menyombongkan diri karena karakter Anda juga akan dinilai. Buat application essay dengan jujur, baik dan menarik. Buat essay yang menarik agar menunjukkan keunikan Anda. Giring opini admission officer agar dapat melihat keunikan Anda. Jangan buat essay yang terlalu umum dan hanya menceritakan kelebihan Anda di bidang akademik. Tapi, jangan lupa untuk membuatnya mengalir, jangan terlalu dibuat-buat. Gunakan pula kalimat – kalimat yang mudah dipahami.

Jika memungkinkan, mintalah letter of recommendation dari guru sekolah Anda. Mintalah guru Anda menjelaskan kelayakan Anda untuk mendapat beasiswa kuliah di luar negeri tersebut. Disarankan untuk meminta guru yang memiliki hubungan dekat dengan Anda menuliskan letter of recommendation Anda agar surat Anda menarik.

Leave a Comment

preloader